-->

Onde-Onde


Onde-onde terbuat dari tepung terigu, kadang juga dibentuk dari tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen.

Terdapat majemuk variasi, yang paling dikenal yaitu onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.

Variasi lain hanya dibentuk dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya menyerupai putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Sebelum mulai menciptakan onde-onde kau harus menciptakan kulit dan isiannya terlebih dahulu. Cara menciptakan kulitnya yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan menyerupai air, garam, tepung beras dan tepung ketan, uleni campuran sampai tidak lengket di tangan.

Setelah itu buatlah isiannya dengan mencampurkan gula, garam, vanili dan yang paling penting kacang hijau. Kemudian ambil campuran dan bentuk pipih atau agak cekung untuk daerah isiannya, bentuk menjai bundar dan beri taburan biji wijen. Masukkan onde-onde pada minyak panas dan tunggu sampai warnanya kuning keemasan, tiriskan dan sajikan hangat-hangat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Onde-Onde"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel